Kamis, 24 April 2008

Karpov Bicara Keuntungan Bermain Catur

Master catur asal Rusia Anatoly Karpov menyampaikan pentingnya permainan catur sejak usia dini, khususnya untuk membangun perkembangan mental anak-anak. Hal itu disampaikannya saat memberi pidato di Aula Magna, Universitas Havana, Kuba, Kamis (23/4/2008) waktu setempat.

Bekas juara dunia yang turut bermain dalam pertandingan simultan 4.000 pecatur di Havana ini, mengungkapkan secara rinci bagaimana permainan sains itu berhubungan dengan kehidupan. Hal itu memang menjadi sorotan utamanya dalam beberapa buku yang ia tulis dan sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Prancis dan China.

Catur, kata Karpov, memudahkan pemahaman anak pada beberapa mata pelajaran dan menyiapkan siswa untuk menganalisa situasi sulit serta mengambil keputusan secara cepat.

Salah satu kesamaan antara permainan catur dengan kehidupan, sambungnya, sama halnya ketika manusia menghadapi masalah di kehidupan nyata dan bagaimana mereka menyusun rencana agar menemukan jalan keluar dari masalah itu.

Dalam dua kasus tersebut, ujar Karpov, setiap orang membutuhkan dorongan agar berhasil. Demikian penjelasan mater catur itu saat memberi kuliah untuk kedua kalinya di kampus itu sejak tahun 2004.

Karpov melanjutkan, permainan catur juga penting untuk membangun hubungan masyarakat dari generasi berbeda. Ia juga melihat permainan ini memberi sumbangan bagi anak-anak dan pemuda Rusia untuk menjauhi alkohol dan obat bius. Karena itu ia berterima kasih pada Federasi Catur Internasional dan pemerintah Rusia.

Sebelum memulai pidato kuliah terbukanya, Karpov mendapat kehormatan membuka selubung peringatan hari jadi ke-280 tahun Universitas Havana. Upacara itu sendiri dipimpin Ketua Komite Olimpiade Kuba, Jose Ramon Fernadez.

Pada saat memberi sambutan, Karpov berterimakasih pada tuan rumah dan mendorong pemerintah Kuba untuk memperbaiki Klub Catur Havana. Tempat itu pernah amat terkenal pada akhir abad 19 saat menjadi tempat perebutan juara dunia catur sebanyak dua kali.

Karpov sendiri mendoakan kemajuan catur Kuba. Ia juga berjanji akan menyempatkan bermain di Klub Catur Havana jika tempat itu sudah diperbaiki.

Raul dan Fidel
Sementara itu, Cuba News Agency melaporkan, Karpov secara khusus membawa dua papan catur yang secara khusus diberikan pada Presiden Kuba Raul Castro dan abangnya, pimpinan revolusi Fidel Castro. Ia membawa hadiah itu setelah tahu kedua pimpinan Kuba tersebut suka bermain catur.

“Saya tahu pemimpin Kuba penggemar catur. Itulah sebabnya saya membawa hadiah khusus yang dibuat di Rusia atas nama saya untuk Fidel dan Raul,” kata Karpov. Ia menyatakan kedua papan catur itu didesain sama persis bentuknya dengan papan catur yang ia gunakan saat mengikuti Olimpiade Havana tahun 1966.

Karpov mengungkapkan ia begitu terkesan dengan popularitas catur di Kuba. Ia juga senang melihat antusiasisme rakyat Kuba untuk menonton pertandingan yang ia ikuti di Kuba, baik saat bermain di pusat kota Santa Clara (2004) atau akhir Senin lalu di Universitas IT Hanava.

Secara khusus Karpov juga menyampaikan penghargaan pada dokter-dokter asal Kuba yang ikut serta merawat korban kecelakaan reaktor nuklir Chernobil, Rusia, beberapa tahun lalu. (CAN/CNA/SM)

****

2 komentar:

Fenridal mengatakan...

See Please Here

Anonim mengatakan...

sangat menarik, terima kasih