Sabtu, 02 Februari 2008

Juara Catur Baru Kuba: Yuniesky Quesada

Yuniesky Quesada, Kamis (31/1/2008) malam, tak mensia-siakan kesempatan emas. Mendapat gelar Grand Master dari FIDE Santiago, mengalahkan Master FIDE Lelys Martínez (2.445), dan menjadi Juara Catur Kuba yang baru.

Pemuda dari provinsi Villa Clara ini mengalahkan lawan terakhirnya setelah langkah ke-60 Pertahanan Sisilia dan mengamankan satu tempat untuk dirinya di tim catur Kuba untuk mengikuti Olimpiade Catur bulan November depan.

Quesada menggunakan metode tradisional: bermain bertahan saat memegang buah hitam dan saat memegang buah putih tak memberi kesempatan lawan untuk menang.

Itu yang terjadi pada Rabu malam. Saat memegang buah hitam ia memilih draw (remis) dengan MF Lely Martinez, namun memukul lawannya sehari kemudian melalui 60 langkah Pertahanan Sisilia.

Raja catur baru kuba ini tidak sempat bermain dengan bekas juara dunia GM Lázaro Bruzón (2607) setelah ia kalah di semifinal melawan Lelys. Namun kemenangannya ini tetap saja penting.

Quesada kini berada di rangking ketiga nasional dengan elo rating 2.590. Ia mengatakan kini tengah mempersiapkan dirinya mengikuti turnamen besar tahun ini, seperti Capablanca In Memoriam Tournament in Havana dan World Chess Team Olympiad di Jerman.

Di semifinal, Quesada menyisihkan GM Holden Hernandez sementara MF Lely Martinez secara mengejutkan menyingkirkan juara bertahan GM Lazaro Bruzon. ***

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Portal Catur yang sangat bagus, semoga semakin meningkat kwalitasnya dan diperbanyak artikelnya. Selamat dan sukses